Khasiat Kopi Rerama Stevia – Kios Pembuat Kopi Di Marpoyan Damai, Pekanbaru

Khasiat Kopi Rerama Stevia – Kios Pembuat Kopi Di Marpoyan Damai, Pekanbaru


Khasiat Kopi Rerama Stevia – Kios Pembuat Kopi Di Marpoyan Damai, Pekanbaru - Walaupun kian banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah paham karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama Stevia – Kios Pembuat Kopi Di Marpoyan Damai, Pekanbaru


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun ciri khas paling menonjol yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel di halaman Khasiat Kopi Rerama Stevia – Kios Pembuat Kopi Di Marpoyan Damai, Pekanbaru, semoga bermakna.

0 comments