Macam Produk Kopi Kapal Api – Kios Pembuat Kopi di Jambesari Darus Sholah, Bondowoso

Macam Produk Kopi Kapal Api – Kios Pembuat Kopi di Jambesari Darus Sholah, Bondowoso


Macam Produk Kopi Kapal Api – Kios Pembuat Kopi di Jambesari Darus Sholah, Bondowoso - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua telah mengetahui ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai tatanan bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Produk Kopi Kapal Api – Kios Pembuat Kopi di Jambesari Darus Sholah, Bondowoso


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan dalam website Macam Produk Kopi Kapal Api – Kios Pembuat Kopi di Jambesari Darus Sholah, Bondowoso, semoga bermanfaat.

0 comments