Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Kios Pembuat Kopi di Kamang Magek, Agam

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Kios Pembuat Kopi di Kamang Magek, Agam


Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Kios Pembuat Kopi di Kamang Magek, Agam - Biar semakin banyak penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, tempat penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Kios Pembuat Kopi di Kamang Magek, Agam


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa khas, berlainan di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya kentara ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah dalam blog Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Kios Pembuat Kopi di Kamang Magek, Agam, semoga ada gunanya.

0 comments