Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Gunung Purei, Barito Utara

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Gunung Purei, Barito Utara


Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Gunung Purei, Barito Utara - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Gunung Purei, Barito Utara


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di bermacam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang adalah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan dalam halaman Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Gunung Purei, Barito Utara, semoga berguna.

0 comments