Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Penjual Mesin Coffee Maker di Kalibaru, Banyuwangi

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Penjual Mesin Coffee Maker di Kalibaru, Banyuwangi


Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Penjual Mesin Coffee Maker di Kalibaru, Banyuwangi - Kendati makin banyak pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun tak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua telah paham kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Penjual Mesin Coffee Maker di Kalibaru, Banyuwangi


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit.

Adapun ciri khusus paling eksplisit yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah di website Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Penjual Mesin Coffee Maker di Kalibaru, Banyuwangi, moga-moga ada gunanya.

0 comments