Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Anak – Kios Pembuat Kopi di Gondang, Nganjuk

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Anak – Kios Pembuat Kopi di Gondang, Nganjuk


Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Anak – Kios Pembuat Kopi di Gondang, Nganjuk - Kendati makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah mengetahui keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Anak – Kios Pembuat Kopi di Gondang, Nganjuk


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama.

Adapun keistimewaan paling mencolok adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel dalam website Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Anak – Kios Pembuat Kopi di Gondang, Nganjuk, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments