Manfaat Kopi Untuk Kulit – Online Shop Pembuat Kopi di Kemiri, Purworejo

Manfaat Kopi Untuk Kulit – Online Shop Pembuat Kopi di Kemiri, Purworejo


Manfaat Kopi Untuk Kulit – Online Shop Pembuat Kopi di Kemiri, Purworejo - Biar makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, area peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah tahu karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang wujud biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kulit – Online Shop Pembuat Kopi di Kemiri, Purworejo


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan dalam website Manfaat Kopi Untuk Kulit – Online Shop Pembuat Kopi di Kemiri, Purworejo, moga-moga ada gunanya.

0 comments