Membuat Kopi Ala Barista – Jual Pembuat Kopi di Maleber, Kuningan

Membuat Kopi Ala Barista – Jual Pembuat Kopi di Maleber, Kuningan


Membuat Kopi Ala Barista – Jual Pembuat Kopi di Maleber, Kuningan - Kendati kian banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, area penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kamu semua pernah mengetahui karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Ala Barista – Jual Pembuat Kopi di Maleber, Kuningan


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya eksplisit adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan di halaman Membuat Kopi Ala Barista – Jual Pembuat Kopi di Maleber, Kuningan, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments