Membuat Kopi Ala Cafe – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Majalaya, Karawang

Membuat Kopi Ala Cafe – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Majalaya, Karawang


Membuat Kopi Ala Cafe – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Majalaya, Karawang - Meski semakin ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah paham ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Ala Cafe – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Majalaya, Karawang


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di beragam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah di web Membuat Kopi Ala Cafe – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Majalaya, Karawang, moga-moga bermanfaat.

0 comments