Membuat Kopi Susu Sederhana – Toko Coffee Maker di Pasar Rebo, Jakarta Timur

Membuat Kopi Susu Sederhana – Toko Coffee Maker di Pasar Rebo, Jakarta Timur


Membuat Kopi Susu Sederhana – Toko Coffee Maker di Pasar Rebo, Jakarta Timur - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah mengetahui karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Sederhana – Toko Coffee Maker di Pasar Rebo, Jakarta Timur


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama.

Adapun keistimewaan paling jelas adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel dalam blog Membuat Kopi Susu Sederhana – Toko Coffee Maker di Pasar Rebo, Jakarta Timur, semoga berguna.

0 comments