Meracik Kopi Hitam – Penjual Mesin Coffee Maker di Kenyam

Meracik Kopi Hitam – Penjual Mesin Coffee Maker di Kenyam


Meracik Kopi Hitam – Penjual Mesin Coffee Maker di Kenyam - Meski kian ramai penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua sudah mengerti karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam – Penjual Mesin Coffee Maker di Kenyam


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun ciri khas paling jelas adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan di blog Meracik Kopi Hitam – Penjual Mesin Coffee Maker di Kenyam, semoga berpengaruh.

0 comments