Aneka Macam Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Seri Kuala Lobam, Bintan

Aneka Macam Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Seri Kuala Lobam, Bintan


Aneka Macam Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Seri Kuala Lobam, Bintan - Kendati makin ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Aneka Macam Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Seri Kuala Lobam, Bintan


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di beragam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya kentara yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan di website Aneka Macam Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Seri Kuala Lobam, Bintan, semoga berpengaruh.

0 comments