Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Pembuat Kopi di Pengkadan, Kapuas Hulu

Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Pembuat Kopi di Pengkadan, Kapuas Hulu


Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Pembuat Kopi di Pengkadan, Kapuas Hulu - Biar makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah anda semua sudah mengetahui keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang tatanan bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Pembuat Kopi di Pengkadan, Kapuas Hulu


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di bermacam bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling jelas ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi di website Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Pembuat Kopi di Pengkadan, Kapuas Hulu, mudah-mudahan bermakna.

0 comments