Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Toko Mesin Coffee Maker di Kutoarjo, Purworejo

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Toko Mesin Coffee Maker di Kutoarjo, Purworejo


Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Toko Mesin Coffee Maker di Kutoarjo, Purworejo - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua telah mengetahui karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki struktur bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Toko Mesin Coffee Maker di Kutoarjo, Purworejo


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling eksplisit adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca informasi dalam web Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Toko Mesin Coffee Maker di Kutoarjo, Purworejo, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments