Cara Meracik Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Lubuklinggau Utara II, Lubuklinggau

Cara Meracik Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Lubuklinggau Utara II, Lubuklinggau


Cara Meracik Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Lubuklinggau Utara II, Lubuklinggau - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah tahu keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki bentuk batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Lubuklinggau Utara II, Lubuklinggau


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel dalam website Cara Meracik Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Lubuklinggau Utara II, Lubuklinggau, moga-moga bermanfaat.

0 comments