Cara Meracik Kopi Enak – Toko Coffee Maker Di Toraja Utara

Cara Meracik Kopi Enak – Toko Coffee Maker Di Toraja Utara


Cara Meracik Kopi Enak – Toko Coffee Maker Di Toraja Utara - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengetahui karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Enak – Toko Coffee Maker Di Toraja Utara


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel di web Cara Meracik Kopi Enak – Toko Coffee Maker Di Toraja Utara, moga-moga bermakna.

0 comments