Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Muara Gembong, Bekasi

Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Muara Gembong, Bekasi



Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Muara Gembong, Bekasi - Biar kian berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua sudah paham karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang rupa batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran harganya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Muara Gembong, Bekasi


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling kentara yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel di web Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Muara Gembong, Bekasi, semoga bermanfaat.

0 comments