Jenis Biji Kopi Arabika – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Bondowoso, Bondowoso

Jenis Biji Kopi Arabika – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Bondowoso, Bondowoso



Jenis Biji Kopi Arabika – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Bondowoso, Bondowoso - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua pernah paham karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Arabika – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Bondowoso, Bondowoso


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling mencolok ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi dalam blog Jenis Biji Kopi Arabika – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Bondowoso, Bondowoso, moga-moga ada gunanya.

0 comments