Jenis Kopi Arabika Dan – Kios Coffee Maker di Batang Alai Timur, Hulu Sungai Tengah

Jenis Kopi Arabika Dan – Kios Coffee Maker di Batang Alai Timur, Hulu Sungai Tengah


Jenis Kopi Arabika Dan – Kios Coffee Maker di Batang Alai Timur, Hulu Sungai Tengah - Meski semakin banyak penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah anda semua telah mengerti karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Dan – Kios Coffee Maker di Batang Alai Timur, Hulu Sungai Tengah


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling gamblang adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi dalam halaman Jenis Kopi Arabika Dan – Kios Coffee Maker di Batang Alai Timur, Hulu Sungai Tengah, semoga berguna.

0 comments