Jenis Kopi Arabika Gayo – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Dompu

Jenis Kopi Arabika Gayo – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Dompu


Jenis Kopi Arabika Gayo – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Dompu - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai tipenya, tempat penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah anda semua pernah mengetahui ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Gayo – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Dompu


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta kebal hama.

Adapun ciri khas paling kentara yakni taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan di blog Jenis Kopi Arabika Gayo – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Dompu, semoga ada gunanya.

0 comments