Jenis Kopi Arabika – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Buton

Jenis Kopi Arabika – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Buton


Jenis Kopi Arabika – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Buton - Walaupun semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua pernah paham ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Buton


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling menonjol adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan dalam halaman Jenis Kopi Arabika – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Buton, semoga berguna.

0 comments