Jenis Kopi Bali – Online Shop Pembuat Kopi di Ketol, Aceh Tengah

Jenis Kopi Bali – Online Shop Pembuat Kopi di Ketol, Aceh Tengah



Jenis Kopi Bali – Online Shop Pembuat Kopi di Ketol, Aceh Tengah - Meski makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, mulai tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah paham karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Bali – Online Shop Pembuat Kopi di Ketol, Aceh Tengah


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di beragam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun kekhasan paling jelas yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi artikel di halaman Jenis Kopi Bali – Online Shop Pembuat Kopi di Ketol, Aceh Tengah, moga-moga bermakna.

0 comments