Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Boyolali

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Boyolali



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Boyolali - Biar makin banyak penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah paham keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Boyolali


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol yaitu taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah di halaman Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Boyolali, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments