Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Wangon, Banyumas

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Wangon, Banyumas


Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Wangon, Banyumas - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, area penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah tahu keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Wangon, Banyumas


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah dalam web Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Wangon, Banyumas, moga-moga berguna.

0 comments