Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Mesin Coffee Maker di Balongsari

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Mesin Coffee Maker di Balongsari


Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Mesin Coffee Maker di Balongsari - Biar makin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, area penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua telah mengetahui karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Mesin Coffee Maker di Balongsari


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di bermacam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi artikel di halaman Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Mesin Coffee Maker di Balongsari, semoga berguna.

0 comments