Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Online Pembuat Kopi di Panga, Aceh Jaya

Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Online Pembuat Kopi di Panga, Aceh Jaya



Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Online Pembuat Kopi di Panga, Aceh Jaya - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kamu semua telah tahu keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Online Pembuat Kopi di Panga, Aceh Jaya


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel dalam blog Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Online Pembuat Kopi di Panga, Aceh Jaya, semoga berpengaruh.

0 comments