Jenis Kopi Robusta Terbaik – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Rambah, Rokan Hulu

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Rambah, Rokan Hulu


Jenis Kopi Robusta Terbaik – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Rambah, Rokan Hulu - Walaupun semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, kawasan ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Rambah, Rokan Hulu


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun kini di beragam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling jelas ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel di blog Jenis Kopi Robusta Terbaik – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Rambah, Rokan Hulu, semoga berguna.

0 comments