Jenis Kopi Robusta Unggul – Penjual Coffee Maker di Sosa, Padang Lawas

Jenis Kopi Robusta Unggul – Penjual Coffee Maker di Sosa, Padang Lawas


Jenis Kopi Robusta Unggul – Penjual Coffee Maker di Sosa, Padang Lawas - Walaupun kian ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua telah mengerti karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Penjual Coffee Maker di Sosa, Padang Lawas


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca informasi di blog Jenis Kopi Robusta Unggul – Penjual Coffee Maker di Sosa, Padang Lawas, semoga bermanfaat.

0 comments