Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Suliki Gunung Mas, Lima Puluh Kota

Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Suliki Gunung Mas, Lima Puluh Kota


Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Suliki Gunung Mas, Lima Puluh Kota - Biar semakin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai tipenya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, kendati berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kalian semua pernah tahu keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Suliki Gunung Mas, Lima Puluh Kota


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama.

Adapun kekhasan paling jelas yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi di website Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Suliki Gunung Mas, Lima Puluh Kota, semoga bermanfaat.

0 comments