Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Kalisari

Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Kalisari


Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Kalisari - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah anda semua pernah paham keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Kalisari


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di beragam belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun keistimewaan paling kentara adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi artikel di halaman Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Kalisari, mudah-mudahan berguna.

0 comments