Jenis Menu Kopi Starbucks – Jual Coffee Maker di Leuwisari, Tasikmalaya

Jenis Menu Kopi Starbucks – Jual Coffee Maker di Leuwisari, Tasikmalaya


Jenis Menu Kopi Starbucks – Jual Coffee Maker di Leuwisari, Tasikmalaya - Biar kian ramai pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah tahu keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki wujud biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Menu Kopi Starbucks – Jual Coffee Maker di Leuwisari, Tasikmalaya


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa khas, berlainan di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling jelas ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan di halaman Jenis Menu Kopi Starbucks – Jual Coffee Maker di Leuwisari, Tasikmalaya, moga-moga berguna.

0 comments