Jenis Varietas Kopi Arabika – Toko Mesin Coffee Maker Di Cileles, Lebak

Jenis Varietas Kopi Arabika – Toko Mesin Coffee Maker Di Cileles, Lebak



Jenis Varietas Kopi Arabika – Toko Mesin Coffee Maker Di Cileles, Lebak - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah paham ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai rupa biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Varietas Kopi Arabika – Toko Mesin Coffee Maker Di Cileles, Lebak


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun ciri khas paling gamblang adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel dalam web Jenis Varietas Kopi Arabika – Toko Mesin Coffee Maker Di Cileles, Lebak, moga-moga bermakna.

0 comments