Kebaikan Kopi Pahit – Onlineshop Pembuat Kopi di Pampangan, OKI

Kebaikan Kopi Pahit – Onlineshop Pembuat Kopi di Pampangan, OKI



Kebaikan Kopi Pahit – Onlineshop Pembuat Kopi di Pampangan, OKI - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kalian semua sudah mengerti karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Kebaikan Kopi Pahit – Onlineshop Pembuat Kopi di Pampangan, OKI


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun keunikan paling menonjol yakni peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca artikel di blog Kebaikan Kopi Pahit – Onlineshop Pembuat Kopi di Pampangan, OKI, semoga berguna.

0 comments