Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Sukaresik, Tasikmalaya

Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Sukaresik, Tasikmalaya



Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Sukaresik, Tasikmalaya - Meski kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dimulai dari tipenya, tempat penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua telah mengerti keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Sukaresik, Tasikmalaya


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling eksplisit yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel dalam website Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Sukaresik, Tasikmalaya, semoga bermakna.

0 comments