Khasiat Kopi Hijau Nareena – Toko Mesin Coffee Maker di Payung, Karo

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Toko Mesin Coffee Maker di Payung, Karo


Khasiat Kopi Hijau Nareena – Toko Mesin Coffee Maker di Payung, Karo - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah tahu keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Toko Mesin Coffee Maker di Payung, Karo


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan hama.

Adapun keunikan paling eksplisit yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan di website Khasiat Kopi Hijau Nareena – Toko Mesin Coffee Maker di Payung, Karo, mudah-mudahan berguna.

0 comments