Khasiat Kopi Hitam – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sungkai Jaya, Lampung Utara

Khasiat Kopi Hitam – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sungkai Jaya, Lampung Utara



Khasiat Kopi Hitam – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sungkai Jaya, Lampung Utara - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua sudah paham keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sungkai Jaya, Lampung Utara


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di beragam belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling kentara yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca informasi dalam halaman Khasiat Kopi Hitam – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sungkai Jaya, Lampung Utara, semoga ada gunanya.

0 comments