Khasiat Kopi Jantan – Onlineshop Pembuat Kopi di Juhar, Karo

Khasiat Kopi Jantan – Onlineshop Pembuat Kopi di Juhar, Karo



Khasiat Kopi Jantan – Onlineshop Pembuat Kopi di Juhar, Karo - Walaupun semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu kekhasan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai struktur biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan – Onlineshop Pembuat Kopi di Juhar, Karo


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya eksplisit ialah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah di halaman Khasiat Kopi Jantan – Onlineshop Pembuat Kopi di Juhar, Karo, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments