Khasiat Kopi Jantan – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Kototangah, Padang

Khasiat Kopi Jantan – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Kototangah, Padang



Khasiat Kopi Jantan – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Kototangah, Padang - Walaupun makin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari kelasnya, tempat penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah paham keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Kototangah, Padang


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit.

Adapun ciri khas paling jelas yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan di blog Khasiat Kopi Jantan – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Kototangah, Padang, semoga ada manfaatnya.

0 comments