Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Mungkid, Magelang

Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Mungkid, Magelang



Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Mungkid, Magelang - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua telah paham ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Mungkid, Magelang


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun keunikan paling kentara ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi dalam blog Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Mungkid, Magelang, moga-moga ada gunanya.

0 comments