Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Online Coffee Maker Di Rangsang, Bengkalis

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Online Coffee Maker Di Rangsang, Bengkalis


Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Online Coffee Maker Di Rangsang, Bengkalis - Meski kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah paham keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Online Coffee Maker Di Rangsang, Bengkalis


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di halaman Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Online Coffee Maker Di Rangsang, Bengkalis, semoga ada gunanya.

0 comments