Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Toko Coffee Maker di Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli

Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Toko Coffee Maker di Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli


Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Toko Coffee Maker di Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli - Biar kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua pernah mengerti ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Toko Coffee Maker di Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi dalam website Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Toko Coffee Maker di Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli, semoga bermakna.

0 comments