Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Penjual Mesin Coffee Maker di Kedamaian, Bandar Lampung

Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Penjual Mesin Coffee Maker di Kedamaian, Bandar Lampung


Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Penjual Mesin Coffee Maker di Kedamaian, Bandar Lampung - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah tahu karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran harganya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Penjual Mesin Coffee Maker di Kedamaian, Bandar Lampung


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan hama.

Adapun keunikan setidaknya jelas adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah di website Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Penjual Mesin Coffee Maker di Kedamaian, Bandar Lampung, semoga bermanfaat.

0 comments