Khasiat Kopi Radix Halia – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Ciwaru, Kuningan

Khasiat Kopi Radix Halia – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Ciwaru, Kuningan



Khasiat Kopi Radix Halia – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Ciwaru, Kuningan - Biar kian ramai penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari jenisnya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua sudah paham karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Halia – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Ciwaru, Kuningan


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa spesial, berlainan di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan di halaman Khasiat Kopi Radix Halia – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Ciwaru, Kuningan, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments