Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Kulit – Penjual Coffee Maker di Waisai

Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Kulit – Penjual Coffee Maker di Waisai



Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Kulit – Penjual Coffee Maker di Waisai - Meski semakin banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, area penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Kulit – Penjual Coffee Maker di Waisai


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan penyakit.

Adapun ciri khas paling menonjol yakni taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca risalah di blog Khasiat Kopi Untuk Kecantikan Kulit – Penjual Coffee Maker di Waisai, semoga ada gunanya.

0 comments