Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Penjual Mesin Coffee Maker di Sekincau, Lampung Barat

Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Penjual Mesin Coffee Maker di Sekincau, Lampung Barat



Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Penjual Mesin Coffee Maker di Sekincau, Lampung Barat - Meski semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, daerah peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kalian semua telah paham karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Penjual Mesin Coffee Maker di Sekincau, Lampung Barat


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun ciri khas paling mencolok adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan di web Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Penjual Mesin Coffee Maker di Sekincau, Lampung Barat, semoga bermanfaat.

0 comments