Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Batu Putih, Berau

Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Batu Putih, Berau



Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Batu Putih, Berau - Meski makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, daerah perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, kendati berjenis sama, rasa kopi Gayo dengan Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengerti karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Batu Putih, Berau


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya gamblang yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi artikel di blog Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Batu Putih, Berau, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments