Macam Kopi Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Teluk Sebong, Bintan

Macam Kopi Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Teluk Sebong, Bintan


Macam Kopi Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Teluk Sebong, Bintan - Biar kian banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua sudah tahu ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Kopi Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Teluk Sebong, Bintan


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di beragam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling kentara yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan dalam blog Macam Kopi Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Teluk Sebong, Bintan, semoga berguna.

0 comments