Macam Kopi Khas Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Sekayu

Macam Kopi Khas Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Sekayu



Macam Kopi Khas Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Sekayu - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran nilainya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Kopi Khas Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Sekayu


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya kentara yakni peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam halaman Macam Kopi Khas Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi di Sekayu, mudah-mudahan bermakna.

0 comments