Macam Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi di Muara Batu, Aceh Utara

Macam Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi di Muara Batu, Aceh Utara


Macam Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi di Muara Batu, Aceh Utara - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai tipenya, daerah perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua telah paham karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang bentuk batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi di Muara Batu, Aceh Utara


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun kekhasan paling jelas ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan dalam website Macam Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi di Muara Batu, Aceh Utara, moga-moga berpengaruh.

0 comments