Macam Kopi Robusta – Online Shop Pembuat Kopi di Sibolga Kota, Sibolga

Macam Kopi Robusta – Online Shop Pembuat Kopi di Sibolga Kota, Sibolga



Macam Kopi Robusta – Online Shop Pembuat Kopi di Sibolga Kota, Sibolga - Biar semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati berjenis sama, rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua telah mengerti karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Robusta – Online Shop Pembuat Kopi di Sibolga Kota, Sibolga


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di bermacam bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa spesial, berlainan di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi artikel dalam halaman Macam Kopi Robusta – Online Shop Pembuat Kopi di Sibolga Kota, Sibolga, semoga berpengaruh.

0 comments